Cara-Atasi-Ketagihan-Kopi
Cara Mengatasi Ketagihan Minum Kopi

Bagi Anda yang sudah terbiasa minum kopi hingga lebih dari 10 gelas perhari, maka anda perlu waspada agar terhidar dari dampak negatifnya. Sudah barang tentu anda tidak bisa begitu saja menghentikan kebiasaan tersebut. Karena akan mengakibatkan efek “withdrawal syndrome” (sindroma putus zat).

Dampak yang dirasakan jika ketagihan kopi

Kadar kafein yang mendadak turun di dalam darah akan mengakibatkan perasaan yang sangat tidak mengenakkan misalnya kepala terasa pusing, perut mual, dan tangan gemetar. Lalu bagaimana cara mengatasi ketagihan kopi?

Mengurangi porsi minum kopi setiap harinya

Jangan kaget jika di awal proses berhenti minum kopi akan membuat rasa tidak nyaman luar biasa karena pada masa awal akan terjadi momen putus zat karena kandungan kafein dalam kopi yang biasa di komsumsi akan turun drastis sebagai akibat penurunan jumlah kopi yag di minum. Hal tersebut bisa di akali dengan asupan kafein dari makanan lain seperti coklat, teh organik atau bisa disebut dengan kopi herbal. Keduanya mengandung kafein dan dapat menggantikan untuk sementara kebutuhan tubuh terhadap kafein, sehingga dapat menggantikan untuk sementara kebutuhan tubuh terhadap kafein.

Terus lakukan hal itu sehingga dapat berangsur angsur mengurangi dampak putus zat dan tentunya akan bermanfaat bagi tubuh supaya lebih nyaman. Hingga dalam batas aman dan tidak membahayakan. Selain itu, barengi dengan kegiatan olahraga rutin dan tidur yang cukup. Dengan ini, dapat mengurangi ketergantungan terhadap kafein.

sumber : http://www.manfaatkopi.com – http://manfaatkopiradixsinergis.blogspot.com/