Harga Kopi Arabika Berhasil Naik, Capai 4 Sesi Tertinggi

Harga Kopi Arabika Berhasil Naik, Capai 4 Sesi Tertinggi

Harga kopi arabika berjangka mengalami kenaikan lanjutan pada penutupan sesi perdagangan Jumat dini hari tadi (25/9). Harga komoditas ini mengalami kenaikan yang tajam dan kembali mencapai posisi paling tinggi dalam 4 sesi belakangan. Harga kopi arabika rebound setelah sempat menyambangi posisi terendah sejak bulan Januari 2014 yang lalu.

Malam tadi pergerakan harga kopi arabika ICE Futures mengalami kondisi yang sideways. Harga sempat mengalami penurunan masih didesak oleh kekhawatiran mengenai penurunan permintaan. Data PMI Tiongkok yang dirilis Rabu kemarin menunjukkan penurunan aktivitas sektor manufaktur. Kabar tersebut menimbulkan aksi jual yang signifikan di pasar saham dan komoditas global.

Akan tetapi pelemahan nilai tukar dollar membuat harga kopi arabika berjangka mengalami kenaikan. Penurunan nilai tukar dollar membuat harga komoditas yang diperdagangkan dalam mata uang tersebut relatif lebih murah bagi para pembeli luar negeri. Dampaknya permintaan akan komoditas ini mengalami peningkatan.

Harga kopi arabika berjangka untuk kontrak paling aktif bulan Desember ditutup menguat tajam dini hari tadi. Harga berakhir pada posisi 1,1830 dollar, turun sebesar 2,10 sen atau setara dengan 1,81 persen. Pada perdagangan malam tadi harga sempat mengalami penurunan hingga ke level terendah sejak bulan Januari 2014 pada posisi 1,1455 dollar.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga kopi arabika berjangka di ICE Futures New York pada perdagangan selanjutnya masih lanjut di dalam pola bearish. Indikator teknikal jangka menengah dan panjang masih mengharapkan harga komoditas ini melanjutkan penurunannya.

Harga kopi arabika berjangka di ICE Futures New York berpotensi untuk mengetes level support kuat di posisi 1,1253 dollar dan 1,1000 dollar. Sedangkan level resistance yang akan dihadapi jika terjadi kenaikan lanjutan ada pada posisi 1,2233 dollar dan 1,2600 dollar.

Sumber : http://vibiznews.com/2015/09/25/harga-kopi-arabika-berhasil-naik-capai-4-sesi-tertinggi/