Harga Kopi Arabica Naik Terpicu Kekuatiran Gangguan Tanaman

Harga kopi arabika ICE naik di akhir perdagangan Jumat dini hari (26/08), terpicu kekuatiran gangguan tanaman kopi.

Harga kopi arabika berjangka lebih tinggi didorong sebagian oleh kekhawatiran bahwa hujan di Brazil dapat menyebabkan awal bunga awal dari tanaman.

Analis Rabobank Carlos Mera mengatakan hujan dapat menyebabkan berbunga awal dan jika bunga ini tidak berkelanjutan dengan hujan lanjut mereka sangat rapuh dan bisa jatuh, dan menggangu produksi tanaman.

Mera mengatakan ancaman yang ditimbulkan kopi di Brazil oleh cuaca dingin memudar dengan suhu awal pekan ini tidak cukup rendah untuk melakukan kerusakan.

Harga kopi arabika berjangka di penutupan perdagangan dini hari tadi mengalami penguatan. Harga kopi arabika berjangka bulan Desember 2016 naik sebesar 1,35 dollar atau setara dengan 0,94 persen dan ditutup pada posisi 1.4445 dollar per pon.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa harga kopi arabica berjangka untuk perdagangan selanjutnya berpotensi naik dengan potensi pelemahan dollar AS dengan ekpektasi dovishnya pidato Yellen malam nanti.

Harga kopi arabika berjangka di ICE Futures New York berpotensi untuk mengetes level Resistance di posisi 1,4700 dollar dan 1,5000 dollar. Sedangkan level Support yang akan dihadapi jika terjadi pelemahan ada pada posisi 1,4100 dollar dan 1,3800 dollar.

Source : http://vibiznews.com/2016/08/26/harga-kopi-arabica-naik-terpicu-kekuatiran-gangguan-tanaman/