Apa Yang Terjadi Jika Pecandu Kopi Tidak Ngopi Seharian?

coffee-happy-1080x720

Bagi beberapa orang kopi adalah minuman. Bagi pecandu kopi, kopi adalah ‘belahan jiwa’ yang rasanya mustahil jika hidup tanpanya meski hanya sehari.

OLEH karena itu, saya melakukan riset (sangat) kecil-kecilan dengan mewawancarai 20 teman yang juga merupakan pecandu kopi kelas berat. 20 teman saya ini mengaku sehari paling sedikit mengonsumsi 3 cangkir perhari dalam jumlah yang beragam. Rentang usia mereka dari 23 – 45 tahun dan memiliki profesi yang berbeda-beda. Kepada 20 pecandu kopi yang saya kenal ini saya bertanya satu pertanyaan “pernah nggak sehari hidup tanpa kopi? dan “apa yang terjadi dengan kamu jika seharian tidak ngopi?”. Dari dua pertanyaan ini terangkumlah empat jawaban yang meluncur dari masing-masing mereka. Jawabannya hampir sama meski mereka berbeda dan tak saling mengenal satu dengan lainnya. Mau tahu apa saja yang terjadi dengan pecandu kopi jika tidak ngopi seharian? Simak jawabannya berikut ini.

Tidak Fokus

Kehilangan daya fokus dan turunnya daya konsentrasi adalah salah satu efek terbesar yang ternyata terjadi pada pecandu kopi jika mereka tidak ngopi seharian. Para pecandu kopi ini mengatakan kafein banyak membantu dia mengerjakan sesuatu hal dengan lebih cepat karena tingkat konsentrasi meningkat. Tanpa kopi susah untuk mengumpulkan daya fokus terhadap sesuatu hal yang sedang dikerjakan. Jadi mengerjakan sesuatu akan menjadi lama karena seharian tidak ‘kena’ kopi.

Lemas

Meski tidak ada hubungannya lemas dengan ngopi, tapi itulah jawabannya terbanyak saya dapatkan dari 20 pecandu kopi ini. Mereka merasa lemas dan kehilangan gairah seharian. “Seperti ada sesuatu yang hilang. Seperti kehilangan sesuatu yang besar tapi tak tahu apa,” kata seorang pecandu kopi yang juga barista ini. Mungkin karena kafein memberi energi dan memompa tenaga makanya saat tidak minum kopi mereka merasa lemas yang tak biasa.

woman-drinking-coffee-1024x572

Mengantuk

Kalau efek mengantuk pasti sudah tidak diragukan lagi ya. Kopi dipercaya banyak orang mampu mengusir rasa kantuk karena kandungan kafein yang memang membuat peminumnya menjadi lebih aktif. Jadi bukan rahasia lagi para pecandu kopi ini akan merasa mengantuk jika seharian tak menyentuh kopi. “Saya pernah tidak ngopi seharian dan yang saya lakuan hanyalah tidur,” kata seorang pecandu kopi yang masih duduk di bangku kuliah. Duh kalau gini bahaya juga ya bisa-bisa malah nggak ngelakuin apa-apa seharian nih. Mending ngopi aja deh.

04-quit-drinking-coffee-1024x683

Gampang Kesal

Cranky. Beberapa pecandu kopi yang saya kenal baik memang mengaku akan mudah kesal jika tidak mengonsumsi kopi. Entah kenapa mungkin karena rasanya tidak lengkap menjalani hari tanpa ritual yang dilakukan setiap hari tanpa jeda. “Jika saya melewatkan afternoon coffee saya, maka jangan harap saya bisa menjalankan sisa hari tanpa rasa kesal yang entah dari mana datangnya,” kata seorang sahabat yang diamini pecandu kopi lain yang saat itu hadir di sebelahnya. Rupanya bukan hanya perempuan PMS yang gampang kesal, hidup tanpa kopi juga bisa bikin kesal ya.

Itulah rangkuman empat hal yang saya kutip dari 20 pecandu kopi di sekitar saya. Kalau kalian ada yang seperti keempat poin ini juga nggak jika seharian nggak ngopi?

Sumber : https://majalah.ottencoffee.co.id/apa-yang-terjadi-jika-pecandu-kopi-tidak-ngopi-seharian/