Jika berbicara kopi, kebanyakan orang pasti mengaku menyukainya, dan meminumnya setiap hari. Tapi kopi seperti apa?

Kebanyakan peminum kopi, menikmatinya dengan campuran gula dan susu. Padahal, manfaat maksimal dari kopi jika Anda meminumnya tanpa tambahan apapun, alias kopi hitam.

Saat ini, kopi tidak hanya dikonsumsi untuk teman penghilang kantuk, tetapi juga bagian dari lifestyle atau gaya hidup. Sayangnya, kopi yang kebanyakan dikonsumsi adalah susu yang sudah ditambah susu dan gula, bukan kopi hitam tanpa tambahan apapun.

Padahal, kopi hitam memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, walau memang rasanya tak semanis kopi susu. Berikut manfaat kopi hitam untuk kesehatan yang dilansir dari laman Boldksy, Minggu (15/7/2018):

1. Menyehatkan Organ Hati

Kopi hitam dipercaya mampu membantu organ hati melakukan detoksifikasi. Individu yang meminum kopi hitam sebanyak 4 cangkir atau lebih dalam sehari memiliki peluang yang besar agar tidak terkenal penyakit sirosis hati atau pun kanker hati. Kopi hitam dipercaya dapat memperbaiki dan meningkatkan kondisi organ hati.

2. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Kopi hitam memiliki manfaat untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Selain itu, Kopi Hitam dapat membantu menurunkan berat badan. Apabila Anda sedang melakukan diet atau menurunkan berat badan, Kopi hitam bisa dijadikan salah satu minuman yang dapat membantu program diet Anda.

3. Kopi Hitam Membuat Anda Menjadi Lebih Pintar

Kopi dikenal dapat menjadi psikoaktif stimulan. Hal itu dikarenakan kopi hitam mengandung kafein. Kafein dapat memengaruhi kerja otak dan mengaktifkan sel neuron yang terdapat dalam otak. Saat kafein sudah memengaruhi neuron otak, maka otak akan bekerja dengan sangat cepat. Hal tersebut memengaruhi dan membantu mengaktifkan fungsi kognitif atau cara berpikir Anda.

4. Menurunkan Risiko Terkena Penyakit Parkinson

Kafein yang terkandung dalam kopi hitam dipercaya mampu meningkatkan level dopamine dalam tubuh. Hal itulah yang dapat mengurangi risiko terkena penyakit parkinson.

5. Kopi Hitam Mengandung Nutrisi Penting

Ternyata Kopi hitam memiliki kandungan besar antioksidan dan nutrisi lainnya, seperti vitamin B2, B3, B5, Magensium, potasium, dan mangan. Fakta lainnya adalah bahwa manusia lebih mudah menyerap nutrisi melalui kopi hitam dibandingkan buah dan sayuran.

6. Membantu Melawan Rasa Depresi

Dopamine level yang ditingkatkan oleh kafein mampu merangsang otak untuk merasa senang. Sehingga, mengkonsumsi kopi hitam dapat membuat Anda menjadi lebih senang dan mengurangi rasa depressi Anda.

 

7. Mengurangi Risiko Diabetes

Studi menjelaskan bahwa mengkonsumi kopihitam dapat mengurangi resiko terkena diabetes dibandingkan bila Anda megkonsumi regular kopi yang menggunakan susu dan gula.

8. Mengurangi Resiko Kanker

Kopi hitam mampu mengurangi risiko kanker usus. Hal itu dikarenakan kopi hitam dipercaya mampu melakukan detoksifikasi dan membersihkan usus saat Anda meminumnya.

9. Kopi Hitam Membuat Anda tetap Tenang

Aroma kopi Hitam yang khas dapat membantu menenangkan pikiran Anda. Itulah alasan kenapa saat Anda merasa tertekan, dengan menghirup aroma kopi akan menenangkan pikiran anda.