Menyeduh kopi mirip seperti memasak mi instan, terdapat langkah tepat dan hal-hal yang perlu diperhatikan agar menghasilkan sajian yang nikmat.

Dalam memasak mi, kita perlu memperhatikan kualitas mie, air yang dijerang, takaran bahkan perlu dinikmati sesaat sajian selesai dimasak.

Begitu pula kopi, saat menyeduhnya di rumah, kita perlu memperhatikan beberapa hal seperti kopi yang dipilih, air, takaran dan alat seduh. Berikut beberapa hal dasar dalam penyeduhan kopi agar sajian kopi yang dihasilkan terasa nikmat.

Kebersihan Alat Seduh

First thing first, kebersihan alat seduh kopi adalah segalanya, bersihkan terlebih dahulu alat seduh kopi sebelum menyeduh. Sisa-sisa minyak kopi atau ampas kecil dari seduhan sebelumnya dapat mempengaruhi rasa kopi buatan kita.

Kualitas Biji Kopi

Salah satu hal yang berpengaruh besar pada hasil seduh kopi adalah kualitas biji kopi itu sendiri. Jaga selalu kesegaran dan kualitas kopi dengan menyimpannya di tempat yang sejuk dan kedap udara. Kopi yang berkualitas kurang baik biasanya beraroma apek dan sudah berumur lebih dari 1-2 bulan.

Skala Giling Kopi

Gilinglah kopi sesuai dengan metode seduh, dan gilinglah sesaat sebelum menyeduh kopi. Menggiling kopi sebelum kita menyeduh akan membuat rasa kopi lebih segar. Ukuran bubuk kopi harus disesuaikan dengan metode seduh dan rasa yang kita inginkan. Semakin kasar hasil gilingan kopi, makin lama waktu yang dibutuhkan kopi tersebut terseduh dengan air panas, serta semakin tipis rasa pahit yang dihasilkan.

Gilingan kasar cocok untuk metode tubruk, French press, Vietnam drip, filter kopi, serta seduh dingin. Sedangkan kopi dengan gilingan yang halus cocok untuk pembuatan espresso dan menggunakan ibrik. Dengan kata lain, bila Anda inginkan kopi yang kuat, seduhlah kopi dengan hasil giling yang lebih kecil, begitu juga sebaliknya.

Waktu Seduh

Seperti disebutkan sebelumnya, kita perlu memperhatikan lamanya waktu seduh kopi untuk menghasilkan kopi yang nikmat. Semakin lama bubuk kopi di seduh, kopi akan semakin pekat dan dapat menghilangkan rasa kopi asalnya.

Waktu ideal untuk menyeduh kopi adalah paling lama 5 menit dengan gilingan kasar, sebaliknya, gilingan biji yang halus untuk espresso hanya membutuhkan waktu selama 25-30 detik saja.

Rasio dan Suhu Air

Satu lagi hal penting sebagai dasar penyeduhan kopi, yakni suhu dan rasio air. Rasio ideal antara air dan kopi adalah sekitar 15-18gr kopi untuk 1 ml air. Kopi yang terlalu banyak akan membuat rasa kopi terlalu pahit, sedangkan kopi yang terlalu sedikit akan membuat rasa kopi yang tipis dan terlalu ringan.

Selain itu, suhu air juga berpengaruh dalam penyeduhan, karena semakin gelap hasil sangrai kopi, akan semakin rentan pada suhu air dan dapat menghasilkan rasa yang terlalu pahit. Suhu ideal untuk menyeduh kopi adalah sekitar 85-96 derajat Celcius, air yang terlalu panas akan menebalkan body/rasa pahit pada kopi.

Pada dasarnya, kopi yang paling nikmat adalah kopi yang memang kita sukai dan inginkan. Dengan mengetahui dasar-dasar penyeduhan kopi, kita akan bisa menyajikan kopi sesuai keinginan dan selera.

Tak hanya itu, kita juga akan dapat menyajikan berbagai jenis kopi dengan rasa yang tepat dan pas dengan berbagai cara seduh. Karena sebaik-baiknya kualitas biji kopi Anda, tanpa cara penyeduhan yang benar, rasa sajian akan menjadi kurang mantap dan nikmat.