4 Langkah Sehat dan Cantik dengan Bubuk Kopi

Author:

Category:

Anda tentu pernah mendengar manfaat ampas kopi sebagai pupuk tanaman bukan? Tapi tak hanya bisa menyuburkan tanaman, ampas kopi juga bisa membuat sehat dan cantik kulit serta rambut Anda.

Berikut empat cara membuat tubuh sehat dan cantik dengan bubuk kopi, dilansir dari laman Organic Authority, Minggu (15/5/2016):

1. Menghaluskan dan membuat rambut berkilau

Sebelum keramas menggunakan sampo favorit Anda, oleskan segenggam bubuk kopi pada rambut yang basah. Pada awalnya mungkin akan terasa aneh, mengoleskan kopi ke rambut. Tapi bubuk kopi baik untuk kesehatan rambut. Setelah selesai melumuri rambut dengan kopi, bilas bersih rambut.

Bubuk kopi akan membersihkan rambut dari sisa bahan kimia dari produk rambut yang biasa Anda gunakan. Hasilnya, Anda akan merasakan rambut lebih lembut dan bersinar.

Jangan gunakan cara ini pada rambut yang di-bleaching atau diwarnai pirang karena kopi bisa jadi mempergelap warna rambut Anda.

2. Mengatasi selulit

Gunakan scrub atau lulur berbahan kopi untuk mengatasi masalah selulit. Kombinasikan bahan-bahan berikut untuk membuat lulur alami:

  • 1/2 cangkir bubuk kopi
  • 1 sdm wine
  • 1 sdm tincture

Beberapa tetes ekstrak jahe dan ekstrak rumput laut

Campurkan garam laut (sea salt)

Kafein dalam bubuk kopi membantu meningkatkan sirkulasi sehingga mengenyahkan kelebihan air dari kulit dan membuatnya tampak lebih kencang dan selulit pun hilang.

3. Mengeksfoliasi kulit

Gunakan bubuk kopi sebagai lulur untuk mengelupas kulit mati. Anda bisa mencampurnya dengan minyak zaitun untuk mendapatkan lulur yang lebih lembut. Lulur kopi akan membuat tubuh dan kulit lebih segar.

4. Facial

Tak perlu perawatan mahal di spa untuk mendapatkan kulit kinclong. Anda bisa menggunakan bubuk kopi untuk ramuan facial sendiri di rumah. Laman Organic Authority memberi resep ramuan facial yang dikutip dari blog Crunchy Betty.

  • 2 sdm bubuk kopi
  • 2 sdm bubuk cokelat
  • 3 sdm susu cair, krim kental atau yoghurt
  • 1 sdm madu

Campur semua bahan dan bubuhkan pada wajah lalu pijat lembut beberapa saat sebelum membiarkannya selama 15-20 menit. Bilas wajah hingga bersih.

Masker kopi dan cokelat ini berkhasiat mengecilkan pori dan mengurangi minyak wajah. Kandungan kopi pada masker mengurangi sembap, sedangkan bubuk cokelat, madu, dan susu bersifat melembapkan kulit. Masker ini bisa Anda coba di pagi hari.

Sumber : health.liputan6.com

Mengantarkan Kopi Papua Go Global

Kopi dari Papua kini semakin diminati konsumen mancanegara, seperti Australia, Selandia Baru, dan Amerika. Bila berbicara kopi, kita sudah sangat mahfum dengan keterkenalan kopi asal...

Indonesia Punya Kopi-kopi yang Luar Biasa…

Kementerian Pertanian (Kementan) menilai, peran generasi muda diperlukan untuk mendorong kopi asal Indonesia semakin dikenal di mancanegara. Hal ini mengingat RI kaya akan beragam...

Harga Kopi Tetap Lebih Tinggi Karena Kekhawatiran Tanaman Brasil

Harga kopi pada hari Rabu membukukan kenaikan moderat, dengan arabika di level tertinggi 1 minggu dan robusta di level tertinggi 1 bulan. Kopi arabika...

5 Kopi Arabika Terbaik dari Indonesia, Paling Disukai di Dunia

Kopi Arabika asal Indonesia merupakan salah satu yang paling digemari pecinta kopi di seluruh dunia. Bukan hanya satu, ada beberapa jenis kopi yang citarasanya...

Sering Buang Air Kecil Setelah Minum Kopi? Ternyata Ini Alasannya

Selain memasok energi instan, minum kopi juga akan meningkatkan frekuensi buang air kecil. Ternyata hal ini bisa dijelaskan secara ilmiah. Banyak orang yang butuh minum...

Mengapa Ketinggian Menghasilkan Rasa Kopi Berbeda?

Kopi dikenal sebagai salah satu minuman yang memiliki karakter unik. Umumnya, masyarakat mengenal kopi dengan cita rasa yang pahit dan bisa dipadukan dengan bahan...

Read More

Related Articles