Cara Minum Kopi Yang Benar Dan Sehat

Author:

Category:

Tanaman kopi yang mengandung kafein justru dianggap sebagai tumbuhan yang mengandung antioksidan paling banyak. studi terbaru dari University of Scaranton memperoleh bukti bahwa kopi merupakan sumber utama antioksidan melebihi buah dan sayuran.

Beberapa penelitian ilmiah membuktikan, kalau minum kopi bermanfaat untuk kesehatan. Seperti yang dilakukan tim dari University of Houston, Texas. Penelitian yang dilakukan pada warga Irlandia yang suka minum kopi dengan ditambah dengan whisky dapat menurunkan hingga 80% risiko serangan stroke. Pakar lain juga berpendapat bahwa kadungan kafein kopi dipercaya mampu meningkatkan libidu seksual pria. Senyawa kafein bisa menghilangkan rasa lelah, kantuk dan meningkatkan kewaspadaan saraf motorik.

Selain manfaat beragam kopi juga mempunyai sisi buruk terutama bagi para wanita. Laporan hasil penelitian rumah sakit Christochurch, Selandia Baru mengungkap, sebagian besar wanita pecandu kopi akan melahirkan bayi yang sulit bernapas saat dilahirkan. Sedangkan penelitian Sven Cnattingius dari Karolinska Institute, Swedia mengungkap bahwa wanita yang mengonsumsi 100 mg kafein / perhari akan lebih mudah mengalami keguguran.

Bagaimana Cara Minum Kopi Supaya Sehat Dan Bermanfaat Bagi Tubuh

a. Hindari Menambah Gula Atau Pemanis Buatan

Lebih baik kopi hitam dan bisa juga ditambahkan sirup mapel. Di coffee shop hindari memesan latte, frappucino, cappucino dan sejenisnya. Karena kandungan gulanya sangat banyak. secangkinya mengandung kurang lebih 300 – 400 kalori.

b. Hindari Juga Pemberian Krimer Baik Yang Cair Maupun Bubuk

Krimer terbuat dari sirup jagung. Sebenarnya yang aman gunakan krimer yang terbuat dari santan kelapa, lebih sehat. Karena mengandung lemak jenuh sehat yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

c. Bisa Ditambahkan Bubuk Kayu Manis

Satu sendok teh cokelat bubuk murni bisa menjadi alternatif tambahan kopi ini, sehingga bisa memberikan rasa yang nikmat dan faedahnya menambah antikosidan.

d. Gunakan Air Berkualitas Untuk Membuat Kopi

Bila anda menggunakan coffee maker, pastikan bahwa tempat tersebut bersih dari sisa sisa kopi sebelumnya karena hal itu dapat menimbulkan bau apak dan mengubah rasa kopi itu sendiri.

Untuk menikmati rasa dan aroma yang maksimal dari kopi, gunakanlah air yang berkualitas. Apabila air di rumah mengandung zat besi, gunakanlah penyaring air dan jangan menggunakan air sulingan karena dapat mengubah rasa kopi tersebut.

Terakhir, gunakanlah air yang telah mendidih agar seluruh rasa kopi lebih tajam dan mantap saat diminum. Tunggulah sekitar 30 – 60 detik sebelum menuangkannya kedalam gelas.

Mengantarkan Kopi Papua Go Global

Kopi dari Papua kini semakin diminati konsumen mancanegara, seperti Australia, Selandia Baru, dan Amerika. Bila berbicara kopi, kita sudah sangat mahfum dengan keterkenalan kopi asal...

Indonesia Punya Kopi-kopi yang Luar Biasa…

Kementerian Pertanian (Kementan) menilai, peran generasi muda diperlukan untuk mendorong kopi asal Indonesia semakin dikenal di mancanegara. Hal ini mengingat RI kaya akan beragam...

Harga Kopi Tetap Lebih Tinggi Karena Kekhawatiran Tanaman Brasil

Harga kopi pada hari Rabu membukukan kenaikan moderat, dengan arabika di level tertinggi 1 minggu dan robusta di level tertinggi 1 bulan. Kopi arabika...

5 Kopi Arabika Terbaik dari Indonesia, Paling Disukai di Dunia

Kopi Arabika asal Indonesia merupakan salah satu yang paling digemari pecinta kopi di seluruh dunia. Bukan hanya satu, ada beberapa jenis kopi yang citarasanya...

Sering Buang Air Kecil Setelah Minum Kopi? Ternyata Ini Alasannya

Selain memasok energi instan, minum kopi juga akan meningkatkan frekuensi buang air kecil. Ternyata hal ini bisa dijelaskan secara ilmiah. Banyak orang yang butuh minum...

Mengapa Ketinggian Menghasilkan Rasa Kopi Berbeda?

Kopi dikenal sebagai salah satu minuman yang memiliki karakter unik. Umumnya, masyarakat mengenal kopi dengan cita rasa yang pahit dan bisa dipadukan dengan bahan...

Read More

Related Articles