Datangi Festival Terampil, Jokowi Belajar Cara Menikmati Kopi ala Barista

Penulis: Apfia Tioconny Billy Editor: Johnson Simanjuntak

0
392

Presiden Joko Widodo belajar cara membuat kopi saat mendatangi Festival Terampil di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Sabtu (9/2/2019).

Usai memberikan sambutan di hall utama, Jokowi yang didampingi Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, dan Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodmojo langsung naik ke lantai dua yang terdapat kelas kopi, fashion, fotografi, dan make up.

Sebelum belajar cara mencicipi kopi, Jokowi yang datang mengenakan kemeja putih lengan panjang dan celana jeans biru terlebih dulu menggunakan apron berbahan jeans.

Jokowi diajarkan cara mencicipi dan menghirup aroma kopi oleh berista perempuan bernama Evani Jesslyn.

Layaknya seorang murid, Jokowi berdiri sambil tangannya berada di belakang punggungnya seperti sikap istirahat di tempat saat mendengarkan penjelasan Eva.

Cara-cara menikmati kopi yang disarankan Eva langkah pertamanya adalah menikmati aroma kopi jangan sambil memegang gelas tapi dengan mendekatkan hidup ke gelas.

Kemudian sambil dihirup gunakan sendok untuk membersihkan ampas yang ada di atas kopi dan saat membersihkan ampas cukup dengan dua kali memutarkan sendok dibagian atas kopi.

“Putar ampas dua kali sendok didorong dua kali ampasnya dibersihkan,” kata Eva yang diikuti langsung oleh Jokowi.

Kemudian langkah selanjutnya adalah proses merasakan kopi yang tepat yaitu dengan mengambil satu sendok kopi dan menyeruput sehingga rasa kopi tidak hanya dirasakan lidah, tapi juga dihirup melalui hidung dan seluruh tubuh saat sudah ditelan.

“Ini (tahapan) yang paling sulit,” kata Jokowi sambil tertawa saat mempraktikannya karena dinilai terlalu cepat saat menyeruput.

Eva menyebutkan langkah-langkah tersebut juga sangat berguna bagi mereka yang ingin menjadi barista untuk nisa mengahasilkan kopi yang enak bagi pembeli.

“Jadi barista tahu buat kopi enak dengan menikmati seperti itu terlebih dulu,” papar Eva.

Ada beberapa jenis kopi asal Indonesian yang dihirup dan diminum Jokowi seperti kopi dari Papua, Sumatera maupun Bali yang jadi favorit Jokowi.

“Favoritnya, kalau saya senang rasa buah yang Bali tadi,” kata Jokowi sebelum meninggalkan acara Festival Terampil.