Demi Kesehatan, Kenali 4 Waktu Terlarang untuk Minum Kopi Ini

Penulis : Yenny Mustika Sari

0
214

Minum kopi sudah jadi gaya hidup, bahkan kebiasaan banyak orang. Tapi hindari 4 waktu terlarang untuk minum kopi ini supaya kesehatan tidak terganggu.

Kopi jadi minuman favorit banyak orang dan meminumnya sudah jadi gaya hidup. Banyak orang terbiasa minum kopi untuk mendapat manfaat sehatnya.

Untuk mendapatkan manfaat sehat dari kopi, sebaiknya kamu memerhatikan waktu yang tepat untuk mengonsumsinya. Jangan meminum kopi pada waktu yang dilarang.

Dilansir dari Eat This Not That (28/12/2020), ada beberapa waktu yang dilarang untuk meminum kopi. Hal ini disampaikan oleh ahli gizi, Sharon Katzman. Yuk, simak agar kamu tidak keliru lagi.

Berikut 4 waktu terlarang untuk minum kopi:

1. Setelah Pukul 12 Siang

4 Waktu Terlarang untuk Minum Kopi

Setelah pukul 12 siang adalah waktu yang terlarang untuk minum kopi. Hal ini disampaikan oleh Katzman seorang ahli diet.

Karena kopi yang diminum setelah pukul 12 siang bisa mengganggu jadwal tidur nantinya. Coba minum kopimu sebelum pukul 12 siang.

Sebagai solusi, minumlah kopi cold brew di pagi hari karena jumlah kafeinnya lebih tinggi daripada kopi panas biasa. Secangkir kopi cold brew akan membuatmu bertahan untuk tidak minum kopi setelah pukul 12 siang.

2. Saat Sudah Minum 2 Cangkir

4 Waktu Terlarang untuk Minum Kopi

Kopi aman dinikmati dalam takaran 3-4 cangkir setiap harinya. Batas konsumsi kafein setiap harinya adalah 400 mg, hal ini diungkapkan oleh European Food Safety Authority (24/6).

Walaupun ada batas aman dalam mengonsumsi kopi, tapi menurut Katzman setelah cangkir ke 3 atau 4 itu bisa membuatmu dehidrasi. Jadi, sebaiknya berhenti mengonsumsi kopi setelah minum 2 cangkir.

Karena, minum kopi yang berlebihan juga bisa menyebabkan masalah pada kesehatan. Bahkan ada yang menyebutkan kebiasaan itu bisa memperpendek umur.

3. Saat Perut Kosong

4 Waktu Terlarang untuk Minum Kopi

Minum kopi di pagi hari juga jadi kebiasaan banyak orang. Biasanya kebiasaan ini disebut ‘Morning’s coffee’ untuk sarapan.
Bisa saja mengonsumsi kopi di pagi hari untuk sarapan. Tapi, jangan dalam kondisi perut kosong. Karena kopi mengandung zat asam yang bisa membuat perutmu sakit.

Katzman juga menyebut kalau kopi ini tidak aman dikonsumsi pagi hari saat perut kosong pada penderita beberapa penyakit. Karena bisa menyebabkan jantung berdebar, masalah pencernaan, dan sakit perut.

4. Saat Tinggi Kolesterol

4 Waktu Terlarang untuk Minum Kopi

Kalau kamu memiliki masalah pada kolesterol, sebaiknya jangan minum kopi ketika sedang kambuh. Katzman juga memberikan saran untuk menikmati kopi saat tinggi kolesterol.

Menurutnya, kopi yang dibuat tanpa kertas filter sebenarnya dapat meningkatkan kolesterol jahat LDL. Jadi, sebaiknya buat kopimu menggunakan kertas filter untuk membantu mencegah kadar kolesterol melonjak lebih tinggi.