Di Festival Kopi Ini Bisa Cicipi Beragam Kopi Asli Serambi Mekah

Penulis : Agus Setyadi - detikFood

0
44

Banda Aceh – Festival kopi yang satu ini beri pengalaman menarik kopi asli Indonesia. Ada beragam kopi dari berbagai kedai kopi di Aceh disuguhkan.

Acara ‘Banda Aceh Coffee Festival 2018’ resmi digelar selama tiga hari sejak Sabtu (15/12/2018). Wali Kota Banda Aceh membuka kegiatan tahunan ini dengan menabuh rapai (alat musik khas Aceh). Setelah itu, dia berkeliling ke sejumlah stand untuk melihat beragam kopi yang disuguhkan di sana.

Di lokasi, tersedia bangku dan meja tempat nongkrong. Pengunjung yang datang ke sana tinggal pesan kopi sesuai selera di stand warkop yang sedia. Rata-rata di sana menjual kopi jenis arabika tapi untuk robusta tetap ada. Beberapa warung kopi tersohor di Banda Aceh ikut ambil bagian dalam festival tersebut.

“Banda Aceh festival kopi yang kita laksanakan ini cita-cita saya adalah ingin menjadikan kopi Aceh khususnya Banda Aceh menjadi ikon dunia,” kata Wali Kota Aminullah kepada wartawan usai membuka acara.

Menurutnya, dengan menampilkan berbagai kelebihan warung kopi yang ada di Banda Aceh, bakal menjadi daya tarik wisatawan berkunjung ke Tanah Rencong. Banda Aceh sendiri saat ini dikenal sebagai kota 1001 warung kopi. Di ibu kota Provinsi Aceh tersedia kedai kopi dari yang biasa saja hingga modern.

“Tamu yang datang dari dalam maupun luar negeri nanti untuk menikmati kopi. Dari sekarang kita terus memperkenalkan kopi ini melalui acara seperti ini, perhotelan dan berbagai acara-acara seremoni yang akhirnya kopi ini mulai dikenal di dunia,” jelas Aminullah.

Acara yang digelar Pemerintah Kota tersebut sebagai bentuk promosi untuk mendatangkan wisatawan. Aminullah meminta warung kopi yang ikut dalam festival menyajikan kopi dengan rasa khas dan berbeda.

“Ini adalah bentuk dukungan, tugas kami adalah mendatangkan penikmat kopi yang banyak. Saya mengharapkan tampilkan lah kopi yang original yang benar-benar khas Banda Aceh. Apakah itu, jadi ini adalah lebelnya dari masing-masing ya,” ujar Aminullah.

“Jadi dengan masing-masing ini beda punya rasa jadi kembalikan ke rasa yang sebenarnya. Sehingga ada kesan tersendiri kalau mereka minum kopi ini memang kopi Banda Aceh terenak di dunia,” ungkapnya.