Jakarta Coffee Week 2018 Manjakan Pencinta dan Pebisnis Kopi

Author:

Category:

Jakarta Coffee Week (#Jacoweek) akan digelar untuk kali ketiga. Tahun ini diadakan di PIK Avenue, Grand Ballroom Lt 7, Pantai Indah Kapuk, Jakarta utara, 28-30 September 2018.

Sebagai acara yang merayakan gaya hidup ngopi terbesar di lndonesia, #Jacoweek2018 yang diselenggarakan oleh ABCD School of Coffee dan HYPE akan memanjakan pencinta kopi dan peminat serius bisnis di bidang kopi. Ada apa saja?

Jakarta Coffee Week menghadirkan 96 lapak dari berbagai merek dagang serta usaha berkaitan dengan kopi dan gaya hidup. Selain itu, ada dua kompetisi besar yang akan mewakili Indonesia di ajang internasional.

“Yang pertama adalah Indonesia AeroPress Championship 2018, sebuah kompetisi seduh manual menggunakan alat AeroPress. Sebanyak 108 juru seduh dan barista terbaik dari seluruh Indonesia akan memperebutkan titel juara nasional,” ujar Founder and Chief Trainer of ABCD School of Coffee Hendri Kurniawan dalam acara konferensi pers di ABCD School Coffee, Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (18/9/2018).

Nantinya, juara nasional akan dikirim untuk mewakili Indonesia di World AeroPress Championship 2018 di Sydney, Australia.

Kompetisi kedua adalah ABCD Fire & Gas Roasting Competition 2018. Dengan melebarnya sayap kedai-kedai kopi independen ke bisnis coffee roasting, rumah sangrai kopi (roastery) skala mikro menjadi tren baru.

“Karena itu, tidak ada waktu yang lebih tepat lagi bagi ABCD School of Coffee untuk pertama kalinya menyelenggarakan ABCD Fire & Gas Roasting Competition 2018, alias #ABCDFG2018,” ujarnya.

Kompetisi coffee roasting pertama di Indonesia ini mengacu sepenuhnya pada peraturan World Coffee Roasting Championship 2018. Sebanyak 29 coffee roasters akan berkompetisi untuk menjadi yang terbaik.

Mereka akan dinilai oleh 15 dewan juri tersertifikasi sebagai Q-Grader. Hadiah utama yang akan diperebutkan adalah mesin sangrai kopi Nordic 1-Kg dari VNT Indonesia (PT Sudi Jaya Globalindo) seharga hampir Rp 100 juta. Seluruh transaksi dalam #Jacoweek2018, termasuk pembelian tiket masuk seharga Rp 25.000, akan dilangsungkan secara non-tunai menggunakan produk-produk dari Bank Mandiri, yaitu kartu debit dan kartu kredit Bank Mandiri, aplikasi e-Cash, dan kartu e-Money.

#Jacoweek2018 juga menggelar Pasar Kopi di bawah naungan SCOPI (Sustainable Coffee Platform Indonesia) yang menghadirkan petani- petani kopi dari 15 provinsi di Indonesia.

Pasar Kopi adalah ajang di mana petani bisa langsung berkomunikasi dan berinteraksi dengan konsumen akhir produk mereka, sehingga direct trade bisa semakin diwujudkan.

Mengantarkan Kopi Papua Go Global

Kopi dari Papua kini semakin diminati konsumen mancanegara, seperti Australia, Selandia Baru, dan Amerika. Bila berbicara kopi, kita sudah sangat mahfum dengan keterkenalan kopi asal...

Indonesia Punya Kopi-kopi yang Luar Biasa…

Kementerian Pertanian (Kementan) menilai, peran generasi muda diperlukan untuk mendorong kopi asal Indonesia semakin dikenal di mancanegara. Hal ini mengingat RI kaya akan beragam...

Harga Kopi Tetap Lebih Tinggi Karena Kekhawatiran Tanaman Brasil

Harga kopi pada hari Rabu membukukan kenaikan moderat, dengan arabika di level tertinggi 1 minggu dan robusta di level tertinggi 1 bulan. Kopi arabika...

5 Kopi Arabika Terbaik dari Indonesia, Paling Disukai di Dunia

Kopi Arabika asal Indonesia merupakan salah satu yang paling digemari pecinta kopi di seluruh dunia. Bukan hanya satu, ada beberapa jenis kopi yang citarasanya...

Sering Buang Air Kecil Setelah Minum Kopi? Ternyata Ini Alasannya

Selain memasok energi instan, minum kopi juga akan meningkatkan frekuensi buang air kecil. Ternyata hal ini bisa dijelaskan secara ilmiah. Banyak orang yang butuh minum...

Mengapa Ketinggian Menghasilkan Rasa Kopi Berbeda?

Kopi dikenal sebagai salah satu minuman yang memiliki karakter unik. Umumnya, masyarakat mengenal kopi dengan cita rasa yang pahit dan bisa dipadukan dengan bahan...

Read More

Related Articles