Menyeruput Kopi Bisa Turunkan Risiko Sakit Jantung

Penulis: Adysha Citra Ramadani
Redaksi: Nora Azizah

0
93

Kebiasaan menyeruput kopi hitam ternyata dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Hal ini diungkapkan oleh sekelompok tim peneliti asal Belanda. Mereka merupakan peneliti yang memfokuskan studi mereka terhadap perubahan epigenetika.

Dalam studi terbaru ini, tim peneliti berupaya mengetahui apakah kopi dapat mengurangi risiko suatu penyakit dengan mengubah “ekspresi gen”. Dengan kata lain, tim peneliti ingin mencari tahu apakah kopi dapat “menontaktifkan” gen yang berkaitan dengan penyakit atau kelainan tertentu.

Setelah menganalisis 15 studi, tim peneliti menyimpulkan bahwa senyawa di dalam kopi memang dapat memicu terjadinya modifikasi yang bermanfaat. Hal ini dapat terwujud melalui sebuah proses yang dikenal dengan sebutan DNA methylation atau metilasi DNA.

Seperti dilansir Men’s Health, Senin (28/12/2020), tim peneliti juga menemukan marker epigenetik kunci yang berkaitan dengan penurunan risiko penyakit jantung pada kopi. Seperti diketahui, penyakit jantung merupakan penyebab kematian terbesar pada laki-laki.

Bicara mengenai kopi, saat ini ada beragam variasi kopi yang bisa ditemukan di pasaran. Meski kopi itu sendiri menyehatkan, seringkali kombinasi berbagai bahan yang dicampurkan dalam minuman kopi membuat minuman tersebut menjadi kurang menyehatkan.

Insider mengungkapkan ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar bisa meminum kopi dengan sehat. Cara pertama adalah memilih variasi minuman kopi tanpa tambahan bahan-bahan berkalori, seperti kopi hitam, espresso, atau americano.

Pecinta kopi susu juga bisa mengganti susu sapi dengan sari nabati yang lebih sehat, seperti sari almond atau lebih dikenal sebagai “susu” almond. Sari almond memiliki kandungan kalori yang lebih rendah dibandingkan susu sapi.

Alih-alih menggunakan gula, cita rasa kopi juga bisa diperkaya dengan menambah rempah yang sehat. Sebagai contoh, bubuk kayu manis.

Selain dapat memberikan sentuhan rasa manis alami, bubuk kayu manis juga diyakini memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan. Beberapa di antaranya adalah membantu menurunkan inflamasi dan mengelola kadar gula darah.