Menyeruput Kopi Bisa Turunkan Risiko Sakit Jantung

Author:

Category:

Kebiasaan menyeruput kopi hitam ternyata dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Hal ini diungkapkan oleh sekelompok tim peneliti asal Belanda. Mereka merupakan peneliti yang memfokuskan studi mereka terhadap perubahan epigenetika.

Dalam studi terbaru ini, tim peneliti berupaya mengetahui apakah kopi dapat mengurangi risiko suatu penyakit dengan mengubah “ekspresi gen”. Dengan kata lain, tim peneliti ingin mencari tahu apakah kopi dapat “menontaktifkan” gen yang berkaitan dengan penyakit atau kelainan tertentu.

Setelah menganalisis 15 studi, tim peneliti menyimpulkan bahwa senyawa di dalam kopi memang dapat memicu terjadinya modifikasi yang bermanfaat. Hal ini dapat terwujud melalui sebuah proses yang dikenal dengan sebutan DNA methylation atau metilasi DNA.

Seperti dilansir Men’s Health, Senin (28/12/2020), tim peneliti juga menemukan marker epigenetik kunci yang berkaitan dengan penurunan risiko penyakit jantung pada kopi. Seperti diketahui, penyakit jantung merupakan penyebab kematian terbesar pada laki-laki.

Bicara mengenai kopi, saat ini ada beragam variasi kopi yang bisa ditemukan di pasaran. Meski kopi itu sendiri menyehatkan, seringkali kombinasi berbagai bahan yang dicampurkan dalam minuman kopi membuat minuman tersebut menjadi kurang menyehatkan.

Insider mengungkapkan ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar bisa meminum kopi dengan sehat. Cara pertama adalah memilih variasi minuman kopi tanpa tambahan bahan-bahan berkalori, seperti kopi hitam, espresso, atau americano.

Pecinta kopi susu juga bisa mengganti susu sapi dengan sari nabati yang lebih sehat, seperti sari almond atau lebih dikenal sebagai “susu” almond. Sari almond memiliki kandungan kalori yang lebih rendah dibandingkan susu sapi.

Alih-alih menggunakan gula, cita rasa kopi juga bisa diperkaya dengan menambah rempah yang sehat. Sebagai contoh, bubuk kayu manis.

Selain dapat memberikan sentuhan rasa manis alami, bubuk kayu manis juga diyakini memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan. Beberapa di antaranya adalah membantu menurunkan inflamasi dan mengelola kadar gula darah.

Mengantarkan Kopi Papua Go Global

Kopi dari Papua kini semakin diminati konsumen mancanegara, seperti Australia, Selandia Baru, dan Amerika. Bila berbicara kopi, kita sudah sangat mahfum dengan keterkenalan kopi asal...

Indonesia Punya Kopi-kopi yang Luar Biasa…

Kementerian Pertanian (Kementan) menilai, peran generasi muda diperlukan untuk mendorong kopi asal Indonesia semakin dikenal di mancanegara. Hal ini mengingat RI kaya akan beragam...

Harga Kopi Tetap Lebih Tinggi Karena Kekhawatiran Tanaman Brasil

Harga kopi pada hari Rabu membukukan kenaikan moderat, dengan arabika di level tertinggi 1 minggu dan robusta di level tertinggi 1 bulan. Kopi arabika...

5 Kopi Arabika Terbaik dari Indonesia, Paling Disukai di Dunia

Kopi Arabika asal Indonesia merupakan salah satu yang paling digemari pecinta kopi di seluruh dunia. Bukan hanya satu, ada beberapa jenis kopi yang citarasanya...

Sering Buang Air Kecil Setelah Minum Kopi? Ternyata Ini Alasannya

Selain memasok energi instan, minum kopi juga akan meningkatkan frekuensi buang air kecil. Ternyata hal ini bisa dijelaskan secara ilmiah. Banyak orang yang butuh minum...

Mengapa Ketinggian Menghasilkan Rasa Kopi Berbeda?

Kopi dikenal sebagai salah satu minuman yang memiliki karakter unik. Umumnya, masyarakat mengenal kopi dengan cita rasa yang pahit dan bisa dipadukan dengan bahan...

Read More

Related Articles