MPIG Sindoro-Sumbing Dorong Petani Hasilkan Kopi Biji

Author:

Category:

Masyarakat Perlindungan Indikasi Geografis (MPIG) Kopi Java Sindoro-Sumbing Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, mendorong petani setempat menghasilkan kopi biji, bukan hanya menjual dalam betuk kopi gelondong yang selama ini mereka lakukan.

“Kami berharap petani mengolah kopi hingga menghasilkan kopi biji sehingga memiliki nilai tambah,” kata Ketua MPIG Kopi Java Sindoro-Sumbing, Tuhar di Temanggung, Senin.

Kawasan lereng Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing di Kabupaten Temanggung selain menghasilkan tembakau juga merupakan penghasil kopi arabika.

Tuhar mengatakan dengan menghasilkan kopi biji maka nilai jualnya bisa mencapai Rp90 ribu per kilogram untuk kualitas bagus, sedangkan kopi gelondong hanya dihargai Rp10.000 per kilogram.

“Jika petani bisa menghasilkan kopi biji maka akan mendapatkan penghasilan lebih besar dari pada hanya menjual dalam bentuk kopi gelondong yang masih ada kulitnya,” katanya.

Ia mengatakan untuk mewujudkan hal tersebut MPIG siap memberikan pendampingan atau pelatihan kepada kelompok tani tentang pengolahan kopi yang benar sesuai standar.

Ia menuturkan kawasan lerang Sindoro dan Sumbing berpotensi untuk pengembangan kopi arabika karena memiliki ketinggian 1.500-1.800 meter di atas permukaan laut.

Ia menyampaikan ciri khas kopi arabika yang dihasilkan petani Sindoro-Sumbing adalah beraroma tembakau, karena tanaman kopi bersanding dengan tanaman tembakau.

“Citarasa seperti itu sudah terkenal, bahwa kopi Sindoro Sumbing itu ada aroma tembakaunya,” katanya.

Ia mengatakan sertifikat indikasi geografis menerangkan produk daerah asal, bahwa kopi arabika dari wilayah Sindoro-Sumbing memiliki ciri khas aroma tembakau, maka ke depan tidak bisa monokultur kopi saja karena akan menghilangkan ciri khas tersebut.

Sumber : http://www.antaranews.com/berita/655870/mpig-sindoro-sumbing-dorong-petani-hasilkan-kopi-biji

Mengantarkan Kopi Papua Go Global

Kopi dari Papua kini semakin diminati konsumen mancanegara, seperti Australia, Selandia Baru, dan Amerika. Bila berbicara kopi, kita sudah sangat mahfum dengan keterkenalan kopi asal...

Indonesia Punya Kopi-kopi yang Luar Biasa…

Kementerian Pertanian (Kementan) menilai, peran generasi muda diperlukan untuk mendorong kopi asal Indonesia semakin dikenal di mancanegara. Hal ini mengingat RI kaya akan beragam...

Harga Kopi Tetap Lebih Tinggi Karena Kekhawatiran Tanaman Brasil

Harga kopi pada hari Rabu membukukan kenaikan moderat, dengan arabika di level tertinggi 1 minggu dan robusta di level tertinggi 1 bulan. Kopi arabika...

5 Kopi Arabika Terbaik dari Indonesia, Paling Disukai di Dunia

Kopi Arabika asal Indonesia merupakan salah satu yang paling digemari pecinta kopi di seluruh dunia. Bukan hanya satu, ada beberapa jenis kopi yang citarasanya...

Sering Buang Air Kecil Setelah Minum Kopi? Ternyata Ini Alasannya

Selain memasok energi instan, minum kopi juga akan meningkatkan frekuensi buang air kecil. Ternyata hal ini bisa dijelaskan secara ilmiah. Banyak orang yang butuh minum...

Mengapa Ketinggian Menghasilkan Rasa Kopi Berbeda?

Kopi dikenal sebagai salah satu minuman yang memiliki karakter unik. Umumnya, masyarakat mengenal kopi dengan cita rasa yang pahit dan bisa dipadukan dengan bahan...

Read More

Related Articles