Menurunkan risiko diabetes, ini 4 manfaat kopi hitam

Author:

Category:

Manfaat kopi hitam berasal dari antioksidan dan berbagai macam nutrisi penting yang terkandung di alamnya. Meski demikian, sebaiknya konsumsi kopi hitam tanpa pemanis buatan agar manfaatnya tidak berkurang.

Kopi mengandung kafein sehingga mampu meningkatkan energi Anda. Hal itu dimulai saat kafein terserap oleh pembuluh darah kemudian dibawa menuju otak.

Dalam otak, kafein menghambat neurotransmitter adenosin sehingga jumlah neurotransmitter yang lain bertambah. Proses itulah yang menyebabkan energi Anda meningkat setelah minum kopi.

Tentu saja, masih banyak manfaat lain yang bisa Anda dapat dari mengonsumsi kopi. Mulai dari membakar lemak hingga menurunkan risiko diabetes.

1. Membakar lemak

Mengutip dari Healthline, kafein adalah senyawa alami yang dapat membakar lemak dalam tubuh Anda.

Pembakaran lemak pada penderita obesitas mencapai 10%. Sedangkan pembakaran lemak pada orang bertubuh kurus meningkat jadi 29%.

Tak hanya itu, menurut beberapa penelitian, kopi dapat meningkatkan metabolisme hingga 3%-11%. Meski demikian, efek tersebut bisa hilang jika Anda mengonsumsi kopi dalam jangka waktu lama.

Maka dari itu, tetap berkonsultasi pada dokter supaya berat badan tetap terkontrol.

2. Menurunkan risiko diabetes

Manfaat kopi hitam selanjutnya adalah menurunkan risiko diabetes. Orang-orang yang memiliki kebiasaan minum kopi hitam memiliki risiko terkena diabetes 23%-50% lebih kecil daripada orang-orang yang tidak minum kopi hitam.

3. Menjaga kesehatan liver

Ada banyak jenis penyakit yang menyerang liver Anda. Mulai dari hepatitis, penyakit lemak hati, hingga sirosis.

Melansir Healthline, mereka yang minum empat gelas kopi hitam per hari memiliki risiko sirosis hati yang lebih rendah sebanyak 80%.

4. Mengatasi depresi

Depresi adalah salah satu masalah kesehatan yang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Jika Anda mengalaminya, cobalah untuk mengkonsumsi kopi secara rutin.

Ada beberapa penelitian yang membuktikan manfaat kopi hitam tersebut. Sebuah penelitian Harvard yang dipublikasikan pada 2011 menunjukkan, empat gelas kopi per hari dapat menurunkan risiko depresi hingga 20%.

Selain minum kopi, cobalah untuk tetap berkonsultasi dengan dokter agar cara penanganan depresi yang tepat bisa Anda lakukan.

RECENT POST

Perbedaan Rasa Kopi Arabika vs Kopi Robusta

0
Saat mendengar Arabika dan Robusta, apa yang ada di benak Anda? Biasanya, kami akan mendapatkan jawaban seperti ini: “Arabika itu manis, Robusta itu pahit,” atau...

EXCHANGE RATES

IDR - Indonesian Rupiah
EUR
16,026.71
GBP
19,105.62
USD
14,258.80
AUD
10,309.67
SGD
10,441.39
HKD
1,829.96
JPY
123.92

COFFEE QUOTES

Read More

Related Articles