5 Waktu Terlarang Minum Kopi

Author:

Category:

Bagi para pecinta kopi, tanggal 1 Oktober kemarin merupakan peringatan Hari Kopi Sedunia.

Sebagai bagian dari gaya hidup yang sudah berlangsung berabad-abad silam, menyesap kopi menjadi satu rutinitas yang tak terhindarkan bagi sebagian orang.

Tapi tahukah kamu, meski punya segambreng manfaat, ternyata ada lho waktu-waktu tertentu yang terlarang untuk menikmati minuman kopi.

Daripada semakin penasaran, yuk intip 5 waktu terlarang minum kopi yang berhasil kami rangkum.

1. Jangan diminum saat perasaan sedang tidak tenang

Banyak macamnya orang yang lagi nggak tenang. Misalnya, nggak tenang sebelum persentasi, deg-degan ketemu mantan, atau cemas ketahuan selingkuh.

Nah, kalo lagi dalam kondisi kayak gitu, jangan minum kopi. Kalau lagi deg-degan ketemu mantan, jangan langsung nyeduh kopi yak. Bahaya!

Kenapa bisa bahaya? Karena kafein yang terkandung di kopi itu berpotensi bikin deg-degan semakin parah. Nanti yang ada, malah pingsan.

2. Sabar, kopi jangan diminum sewaktu panas

Nah, kudu hati-hati nih kalo kopinya masih panas. Kadang kala saat bikin kopi, aroma pas bubuk kopinya keseduh sama air panas tuh, bikin ngiler. Sumpah! Rasanya pengen langsung minum.

Tapi, ternyata bahaya nih gengs, kalau kopi panas langsung diminum. Kopi panas langsung diminum tuh memang bakalan bikin lidah kebakar, tapi ada yang lebih berbahaya nih gengs.

Kopi panas yang langsung diminum tuh bisa menyebabkan risiko terkena kanker sangat besar. Duh, gak mau kan? Jangan yah. Tunggu adem dulu sebentarlah. Kuncinya sabar!

3. Ngopi pagi sebelum jam ini ternyata bahaya

Nah, buat yang gemar minum kopi pagi-pagi di kantor, ada jamnya nih. Waktu yang baik untuk minum kopi pagi hari itu jam 10 sampai dengan 12 siang. Karena hormon kortisol-nya sudah menurun.

Jadi, kalo ngantor jam 9, ya tunggulah sampe jam 10. Baru deh nyeduh kopinya. Ehhm. Jadi pengen ngopi yah.

4. Jangan ngopi saat terbangun di pagi buta

Buat para nocturnal, alias yang masih suka kebangun pagi-pagi buta, jangan minum kopi! Bahaya nih gengs. Soalnya, tingkat hormon stres kortisol-nya sedang berada di tingkat yang tinggi.

Jadi, bahaya minum kopi di saat kebangun pagi-pagi buta. Orang gila aja istirahat pas subuh, masa kamu yang waras malah stres.

5. Awas, kopi jangan diminum sewaktu kelelahan

Kalau lagi kelelahan jangan minum kopi. Itu bukanlah solusi yang baik. Kalo emang pulang kantor diajakin ngopi-ngopi, coba ditolak dulu ajakannya.

Kafein itu bukan solusi yang baik untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Lagian, kelelahan karena kurang tidur tuh bisa memecah konsentrasi. Jadi, tidurlah yang cukup, dan jangan minum kopi sebelum tidur.

Mengantarkan Kopi Papua Go Global

Kopi dari Papua kini semakin diminati konsumen mancanegara, seperti Australia, Selandia Baru, dan Amerika. Bila berbicara kopi, kita sudah sangat mahfum dengan keterkenalan kopi asal...

Indonesia Punya Kopi-kopi yang Luar Biasa…

Kementerian Pertanian (Kementan) menilai, peran generasi muda diperlukan untuk mendorong kopi asal Indonesia semakin dikenal di mancanegara. Hal ini mengingat RI kaya akan beragam...

Harga Kopi Tetap Lebih Tinggi Karena Kekhawatiran Tanaman Brasil

Harga kopi pada hari Rabu membukukan kenaikan moderat, dengan arabika di level tertinggi 1 minggu dan robusta di level tertinggi 1 bulan. Kopi arabika...

5 Kopi Arabika Terbaik dari Indonesia, Paling Disukai di Dunia

Kopi Arabika asal Indonesia merupakan salah satu yang paling digemari pecinta kopi di seluruh dunia. Bukan hanya satu, ada beberapa jenis kopi yang citarasanya...

Sering Buang Air Kecil Setelah Minum Kopi? Ternyata Ini Alasannya

Selain memasok energi instan, minum kopi juga akan meningkatkan frekuensi buang air kecil. Ternyata hal ini bisa dijelaskan secara ilmiah. Banyak orang yang butuh minum...

Mengapa Ketinggian Menghasilkan Rasa Kopi Berbeda?

Kopi dikenal sebagai salah satu minuman yang memiliki karakter unik. Umumnya, masyarakat mengenal kopi dengan cita rasa yang pahit dan bisa dipadukan dengan bahan...

Read More

Related Articles