7 Cara Minum Kopi yang Benar, Cocok untuk Turunkan Berat Badan!

Author:

Category:

Kopi merupakan minuman rendah kalori, asal tepat memilih jenisnya. Berikut 7 cara minum kopi yang benar untuk bantu turunkan berat badan.

Kopi merupakan minuman tinggi kafein dengan cita rasa pahit yang banyak digemari. Kopi saat ini juga memiliki rasa dan varian yang sangat beragam, menyesuaikan dengan selera yang berkembang di masyarakat.

Kopi cocok jadi minuman pembangkit energi yang sifatnya rendah kalori sehingga bisa dikonsumsi pelaku diet. Secangkir kopi hitam tanpa gula mengandung tidak lebih dari 5 kalori.

Penelitian juga menunjukan bahwa kopi dapat memberikan umur panjang dan membantu tubuh memproses glukosa dengan lebih baik, mengurangi masalah kesehatan, kanker usus, serta kerusakan jantung.

Ada 7 cara minum kopi yang benar menurut ahli gizi untuk membantu menurunkan berat badan dan lebih sehat. Mengutip dari Eat This, Not That! (13/11) berikut 7 cara minum kopi yang direkomendasikan:

1. Hindari Konsumsi Kopi Sebelum Sarapan

Saat terbangun pada pagi hari usahakan untuk konsumsi setidaknya sedikit makanan terlebih dahulu. Hindari konsumsi kopi sesaat setelah bangun tidur sebelum konsumsi makanan apapun. Pasalnya kopi dapat menimbulkan rasa kenyang dan melewatkan sarapan akan berdampak pada makan berlebih di siang hari.

“Berkali-kali saya melihat klien yang akan minum kopi di pagi hari. Saya suka mengingatkan klien saya untuk makan sesuatu terlebih dahulu, baru kemudian menikmati kopi. Itu karena kopi dapat mengurangi perasaan lapar Anda, yang dapat menyebabkan melewatkan sarapan,” kata ahli gizi Kasey Hageman, MS, RD, LD.

2. Batasi Penambahan Pemanis

Cara minum kopi yang benar juga termasuk membatasi penambahan pemanis. Batas konsumsi gula harian pada wanita ada pada 25 gram sehari dan 36 gram sehari untuk pria. Mengonsumsi gula lebih dari batas harian yang ditentukan dapat menyebabkan kenaikan berat badan dan bahkan menaikkan risiko permasalahan pada kesehatan jantung.

“Kopi harian bisa menjadi sumber kalori yang terlalu banyak dengan nutrisi yang rendah. Jika sering meminum kopi coba evaluasi kalori dalam cangkir kopi Anda,” kata Hageman.

3. Gunakan Pemanis Alami

Beberapa jenis pemanis seperti madu atau sirup maple akan lebih baik karena terbuat dari bahan alami. Tetapi konsumsi semua pemanis tetap perlu diperhatikan. Madu dan sirup maple mengandung antioksidan serta probiotik yang baik untuk usus jika dikonsumsi dalam batas yang aman.

“Pemanis natural lebih enak karena mereka diproses dengan rendah gula yang lebih menguntungkan dan rendah kalori,” kata Sobel.

4. Pilih Kopi Alami

Dibanding menambahkan perasa dan pemanis tambahan, coba pilih rasa alami yang dihasilkan biji kopi. Pohon kopi ditanam bersamaan dengan pohon lain yang memungkinkan biji kopi akan menyerap rasa dari tanaman di sekitarnya.

Rasa alami yang ada pada biji kopi akan jauh lebih sehat dan rendah kalori dibanding perasa tambahan. Memberikan rasa pada kopi bisa juga dengan menambahkan 1/2 sendok teh biji kakao pada 250 gram biji kopi yang akan dihaluskan.

5. Perhatikan Makanan Pendamping

Cara minum kopi yang benar selanjutnya adalah memperhatikan makanan pendamping saat minum kopi. Pilih makanan yang lebih sehat seperti blueberry, kacang almond, atau oatmeal instan.

“Orang biasanya minum kopi dengan kue kering. Itu sebenarnya bisa menambah kalori, tetapi tidak masalah jika sesekali. Hindari kebiasan tersebut untuk dilakukan dalam intensitas yang sering,” kata Sobel.

6. Sesuaikan Pesanan di Cafe

Tidak masalah jika sesekali memilih pesan kopi di kafe dibanding membuatnya di rumah. Namun komposisi kopi juga harus diperhatikan. Misalnya dengan meminta beberapa penyesuaian pada barista.

“Jangan tambahkan whipped cream atau topping tinggi kalori lainnya. Pilih porsi yang paling kecil jika pesan kopi yang lebih manis,” kata Sobel.

7. Pilih Kopi Hitam

Kopi hitam adalah pilihan yang terbaik untuk menurunkan dan menjaga berat badan. Kopi hitam tanpa tambahan pemanis atau apapun tidak mengandung kalori. Misalnya memesan secangkir americano.

Menambahkan pemanis atau sedikit krim tidak terlalu masalah pada secangkir kopi hitam. Perlahan coba kurangi menambahkan pemanis. Ketika sudah terbiasa dengan kopi hitam tanpa pemanis itu akan sangat baik untuk membatasi konsumsi kalori tubuh. Itu tadi 7 cara benar minum kopi untuk menjaga berat badan.

Mengantarkan Kopi Papua Go Global

Kopi dari Papua kini semakin diminati konsumen mancanegara, seperti Australia, Selandia Baru, dan Amerika. Bila berbicara kopi, kita sudah sangat mahfum dengan keterkenalan kopi asal...

Indonesia Punya Kopi-kopi yang Luar Biasa…

Kementerian Pertanian (Kementan) menilai, peran generasi muda diperlukan untuk mendorong kopi asal Indonesia semakin dikenal di mancanegara. Hal ini mengingat RI kaya akan beragam...

Harga Kopi Tetap Lebih Tinggi Karena Kekhawatiran Tanaman Brasil

Harga kopi pada hari Rabu membukukan kenaikan moderat, dengan arabika di level tertinggi 1 minggu dan robusta di level tertinggi 1 bulan. Kopi arabika...

5 Kopi Arabika Terbaik dari Indonesia, Paling Disukai di Dunia

Kopi Arabika asal Indonesia merupakan salah satu yang paling digemari pecinta kopi di seluruh dunia. Bukan hanya satu, ada beberapa jenis kopi yang citarasanya...

Sering Buang Air Kecil Setelah Minum Kopi? Ternyata Ini Alasannya

Selain memasok energi instan, minum kopi juga akan meningkatkan frekuensi buang air kecil. Ternyata hal ini bisa dijelaskan secara ilmiah. Banyak orang yang butuh minum...

Mengapa Ketinggian Menghasilkan Rasa Kopi Berbeda?

Kopi dikenal sebagai salah satu minuman yang memiliki karakter unik. Umumnya, masyarakat mengenal kopi dengan cita rasa yang pahit dan bisa dipadukan dengan bahan...

Read More

Related Articles