Cara Mengurangi Rasa Pahit Kopi Tanpa Gula, Pakai Bumbu Dapur Ini

0
82
Cara mengurangi rasa pahit pada kopi

Banyak orang suka aroma kopi, tapi tidak dengan rasanya yang pahit. Untuk mengatasinya, cara mengurangi rasa pahit kopi ini bisa jadi pilihan. Cukup pakai bumbu dapur ini.

Kopi identik dengan rasa pahit, namun tak semua penikmat kopi bisa menolerir rasa ini. Karenanya beberapa orang suka menambahkan gula, susu, atau krim pada racikan kopi.

Cita rasa pahit kopipun akan berkurang dan cenderung menjadi creamy serta manis. Tapi sebenarnya ada cara mengurangi rasa pahit kopi tanpa pakai gula atau pemanis lain. Kamu hanya perlu meracik kopi bersama garam.

Garam Dapur

Makenzie Bryson Jackson, seorang Ilmuan Pangan dan Manajer Pengembangan Produk di Panaceutics menjelaskan soal penambahan garam pada kopi. “Saya pikir tren ‘garamkan kopi Anda’ mulai meningkat setelah sebuah penelitian dipublikasikan di Nature pada tahun 1997. Penelitian tersebut meminta partisipan merasakan dan menilai larutan garam dan pahit, manis dan pahit, dan garam yang dicampur dengan manis dan pahit,” ujar Bryson Jackson seperti dilansir dari Well and Good (28/11).

“Anehnya mereka menemukan kalau garam jauh lebih efektif dalam menurunkan rasa pahit daripada larutan gula manis. Garam juga meningkatkan persepsi rasa manis secara keseluruhan,” lanjutnya.

Cara mengurangi rasa pahit pada kopi

Trik menambahkan garam pada makanan agar rasanya lebih enak, ternyata juga berefek sama pada kopi. Selain mengurangi rasa pahit, penambahan garam juga memperkuat rasa kopi secara umum.

Trik menambahkan garam pada makanan agar rasanya lebih enak, ternyata juga berefek sama pada kopi. Selain mengurangi rasa pahit, penambahan garam juga memperkuat rasa kopi secara umum.

“Beberapa jumlah garam yang sempurna dapat meningkatkan rasa yang sekadar enak menjadi sesuatu yang benar-benar enak. Ini juga punya efek yang kuat untuk meningkatkan rasa yang baik dan mengurangi rasa yang buruk. Menariknya ini bisa diaplikasikan pada kopi,” kata Bryson Jackson.

Lalu bagaimana cara meracik kopi dengan garam yang benar? Bryson Jackson menganjurkan untuk menambahkan sejumput atau dua jumput garam ke dalam racikan kopi.

Jumlah garam tersebut bisa menekan reseptor lidah yang biasanya mengingatkan rasa pahit kopi. Menekan reseptor lidah itu juga memungkinkan kamu untuk menikmati rasa lain.

Cara mengurangi rasa pahit pada kopi

Bryson juga menegaskan kalau setiap orang memiliki indera perasa yang berbeda. Kuncinya adalah menemukan keseimbangan yang tepat untuk selera masing-masing.

Kamu bisa menambahkan sejumput garam ke dalam kopi. Cermati rasanya. Kalau menurutmu rasanya masih pahit, tambahkan lagi garam sampai rasa pahitnya memudar. Jika sudah menemukan rasa yang pas, maka kamu bisa menikmati kopi tanpa rasa pahit.