Rasulullah SAW Anjurkan Doa Ini Saat Minum Kopi

0
108

Kopi termasuk minuman legendaris yang sudah dikonsumsi sejak berabad tahun lalu, bahkan sejak zaman Rasulullah SAW. Saat minum kopi juga ada doa yang dianjurkan untuk dibaca.

Dalam dunia Islam, kopi sudah lama dikonsumsi oleh kaum sufi. Dilansir dari CNN (10/12) kopi termasuk minuman yang sering diminum kaum sufi untuk membuatnya tetap terjaga.

Diceritakan oleh Sayyid Nahlawi Ibnu Sayyid Khalil, ada kisah singkat soal seorang sufi dari tanah Maghribi dan kopi. Suatu waktu, sufi ini menanyakan kepada Rasulullah SAW soal konsumsi kopi.

“Wahai Rasulullah SAW, saya suka meminum kopi,” kata Sufi tersebut. Mendengar penyataan ini, Rasulullah SAW memerintahkan sang sufi untuk membaca doa saat hendak menyeruput kopi.

“Ya Allah, jadikanlah kopi yang saya teguk sebagai cahaya bagi penglihatanku, kesehatan bagi badanku, penawar hatiku, obat bagi segala penyakit, duhai Dzat yang Maha Kuat dan Maha Teguh. kemudian membaca bismillahirrahmanirahim.”

Tak hanya itu, Rasulullah SAW juga bersabda, kepada siapapun yang minum kopi, malaikat akan terus memintakan ampunan. “Malaikat akan terus memintakan ampunan untukmu selama rasa kopi masih menempel di mulutmu.”

Dalam Islam, ada para ulama yang memperbolehkan minum kopi namun ada juga yang mengharamkan kopi. Salah satu ulama bernama Muhammad bin Mahmud al Zaini al Husaini yang hidup pada abad ke-16, menyusun sebuah risalah kecil tentang adanya dampak buruk kopi pada fisik.

Larangan minum kopi merujuk pada konsumsi dalam jumlah berlebihan. Hal ini menjadi perhatian para ulama dan ahli kesehatan. Konon sepengetahuan mereka, kopi dianggap bisa menyebabkan wasir dan sakit kepala. Kopi juga dilaporkan dapat memicu penurunan nafsu makan, bahkan pada taraf tertentu, menurunkan gairah seksual.

Padahal jika dikonsumsi secara bijak, kopi justru memberikan berbagai manfaat kesehatan. Sebenarnya, apapun yang dikonsumsi secara berlebihan dan menyebabkan dampak negatif maka makanan dan minuman yang sifatnya halal bisa menjadi haram.