3 Cara Mudah Berhenti Minum Kopi untuk Kamu yang Kecanduan

Penulis : Yenny Mustika Sari

0
134

Terlalu banyak minum kopi bisa mengganggu kesehatan. Kalau kamu ingin berhenti minum kopi, ada 3 cara mudah yang bisa dilakukan. Yuk, simak!
Minum kopi jadi kebiasaan yang tak terhindarkan lagi. Mulai dari remaja hingga orang dewasa menyukai minuman yang rasanya pahit dan beraroma kuat ini.

Bahkan banyak orang telah kecanduan kopi. Mereka bisa mengonsumsi kopi lebih dari 4 cangkir kopi dalam sehari. Padahal batas aman mengonsumsi kopi menurut ahli hanya sekitar 400 mg kafein saja.

Karena selain menyehatkan, kopi juga memiliki efek yang bisa mengganggu kesehatan tubuh. Seperti mudah gelisah, insomnia, sakit kepala, dan lainnya. Hal ini bisa terjadi kalau kamu sudah kecanduan minum kopi.

Lantas kalau sudah kecanduan, sebaiknya kamu bisa menghentikan kebiasaan ini. Memang tidak mudah, bisa dimulai secara perlahan.

Bagaimana caranya? Dilansir dari Cnet (31/12/2020), ini 3 cara mudah berhenti minum kopi yang bisa diikuti:

1. Lakukan Perlahan

3 Cara Mudah Berhenti Minum Kopi

Kenali tubuhmu, kalau memang kebiasaan minum kopi sudah mengganggu kesehatan sebaiknya dihentikan. Tidak perlu cepat-cepat, karena semuanya membutuhkan proses.

Jika kamu terbiasa mengonsumsi kopi yang tinggi kafein, bisa mencoba untuk mengurangi takarannya. Manaker seorang ahli gizi mengatakan, “Mengonsumsi kafein setengah dari jumlah biasanya bisa membantu orang perlahan untuk menguranginya.”

Sebagai contoh alih-alih satu cangkir penuh kopi, kamu bisa mengonsumsi setengahnya. Lalu, jika kamu terbiasa minum 2 cangkir kopi per hari maka kurangi 1 cangkir. Lakukan hal ini secara rutin sampai kamu terbiasa dan bisa berhenti minum kopi.

2. Ganti dengan Minuman Lain

3 Cara Mudah Berhenti Minum Kopi

Jika ingin berhenti minum kopi, kamu juga bisa menggunakan cara menggantinya dengan minuman lain. Cara ini sangat mudah dilakukan dan sangat membantu.

Banyak minuman lain yang juga tinggi kafein, seperti teh hijau atau matcha. Manaker juga mengungkapkan kalau dirinya sempat mengganti kopi dengan matcha. Ia bilang cara itu ampuh untuk dirinya.

Kamu juga bisa mengganti secangkir kopi dengan kopi decaf atau teh herbal. Karena kopi decaf tidak memiliki kandungan kafein, tapi rasanya tetap seperti kopi biasa.

3. Pakai Metode ‘Cold Turkey’

Cold turkey adalah sebuah metode berhenti merokok dengan memutus asupan nikotin secara langsung. Artinya, para perokok ini harus menyetop kebiasaan merokoknya saat itu juga.
Metode ‘cold turkey’ ini ternyata juga bisa dilakukan untuk kamu yang ingin berhenti minum kopi. Kamu bisa dengan langsung memutuskan kebiasaan minum kopi saat itu juga.

Cara ini memang memiliki efek samping, seperti pusing (sakit kepala), cepat merasa lelah, dan lainnya. Tapi, kamu bisa mengatasinya dengan banyak minum air putih agar tidak terjadi dehidrasi.