Waktu Terbaik untuk Minum Kopi

0
225

Ada begitu banyak orang yang mencintai kopi. Mungkin Anda adalah salah satunya. Seiring dengan semakin meningkatnya kultur minum kopi di Indonesia, kafe atau kedai kopi pun bermunculan di berbagai wilayah kota, mulai dari yang bergaya tradisional atau vintage hingga modern. Kopi yang disajikan pun bermacam-macam.

Kapan Anda biasanya meneguk segelas kopi? Sebagian orang suka meminum kopi pada pagi hari saat sarapan. Melansir halaman Reader’s Digest, pagi hari bukan waktu terbaik untuk mendapat efek “kesadaran” dari kopi. Laura Cipullo, ahli diet dan penulis buku ‘Women’s Health Body Clock Diet menyarankan agar Anda tak mengkonsumsi setelah bangun tidur.

Ketika Anda minum kopi setelah bangun tidur, Anda memang bisa menjadi lebih cepat sadar, namun efek tersebut akan segera menghilang beberapa jam kemudian. Waktu yang terpat untuk mengkonsumsi kopi agar efeknya optimal adalah sekitar empat jam setelah bangun tidur atau pada saat siang hari. Pada jam-jam tersebut tubuh Anda memiliki level kortisol yang rendah sehingga mengantuk. Oleh karena itulah, kopi bisa menjadi penolong pada waktu tersebut.

Takaran Kopi yang Tepat

Akan tetapi, tak semua ahli sependapat dengan teori tersebut. Nutrisionis Melanie Dellinges menyatakan bahwa yang menjadi persoalan bukanlah waktu minum kopi, melainkan takarannya. Minum kopi dalam porsi yang cukup banyak atau sering akan membawa pengaruh besar bagi kesadaran Anda. Namun demikian, ia menyarankan agar Anda membatasi konsumsi kopi maksimal dua kali dalam sehari.

Satu hal yang perlu Anda ingat adalah untuk tidak mengkonsumsi kopi setelah jam 2 siang atau jam 3 sore. Riset menunjukkan bahwa kafein akan membawa efek kesadaran hingga 6 jam setelah Anda mengkonsumsinya. Jangan sampai Anda malah tak mendapat cukup tidur karena minum kopi terlalu banyak atau pada waktu yang tidak tepat.

Sumber : https://www.liputan6.com/lifestyle/read/3125777/ini-waktu-terbaik-untuk-minum-kopi