Kopi Indonesia Tampil di The Nordic World of Coffee Gothenburg

0
500

Indonesia kembali berpartispasi dalam kancah pameran industri internasional. Faiz Achmad, Direktur Industri Minuman dan Tembakau Kementerian Perindustrian Republik Indonesia secara resmi membuka paviliun Indonesia dalam acara The Nordic World of Coffee Gothenburg yang berlangsung 16-18 Juni 2015.

Menampilkan 45 ragam kopi dengan luas paviliun 85 meter persegi, partisipasi Indonesia ini merupakan yang terbesar untuk pameran komoditas tunggal. Menghadirkan segala jenis kopi dari seluruh Indonesia, paviliun Indonesia ini dinamakan “Remarkable Indonesia: Home of World’s Finest Coffee.”

Sebelum pameran ini, Kementerian Perindustrian pernah memfasilitasi Pameran Kopi Spesial di Seattle yang diselenggarakan oleh Speciality Coffee Association of America (SCAA) yang diselenggarakan pada April 2015.

Siaran pers dari Atase Perindustrian KBRI Brussel menyebutkan tampilan Paviliun Indonesia pada The Nordic World of Coffee Gothenburg 2015 semarak oleh pakaian tradisional, yaitu Aceh, Minang, Palembang, Jawa dan Bali yang dikenakan peserta dan panitia pameran. Hal menarik dan menjadi pusat perhatian pengunjung dilakukan demonstrasi interaktif penyuguhan kopi secara tradisional yaitu kopi tarik dari Aceh dan pembuatan minuman rasa daun kopi (kopi KAHWA) dari Sumatera Barat.

Di samping itu juga ditampilkan pembuatan kopi secara tetes dingin (cold drip coffee) dan cupping (uji rasa) sembilan kopi terbaik oleh cupping taster dunia dari Eropa selama tiga hari pelaksanaan pameran. Indonesia juga mengirimkan juara Latte Art, Iwan Setiawan dan Cup Taster, O’Neil Christopher untuk mengikuti kejuaraan dunia Latte Art dan Cup Taster dunia di ajang ini.

Sumber : http://www.panorama-magz.com/newsflash/kopi-indonesia-tampil-di-the-nordic-world-of-coffee-gothenburg